Translate

Jumat, 05 Februari 2016

Memaafkan Dengan Tulus Melapangkan Dada

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan terhadap orang lain, tidak ada manusia sempurna yang luput dari kesalahan, kekhilafan dan dosa.

Setiap manusia punya sisi baik dan buruk, manusia ada kelebihannya dan ada pula kekurangannya, manusia banyak tipenya karakternya berbeda-beda. Tetapi setiap manusia pasti memiliki hati yang lembut, baik di dasar hatinya karena manusia makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, sedangkan Tuhan pemilik semua sifat baik , lembut, kasih sayang dan sifat baik lainnya.

Manusia bisa terjebak oleh kesalahan prilakunya karena setan, tipu daya setan rayuaan setan yang menjadikan manusia menjadi sifat yang pemarah dan emosi.
                                                                       
Setanlah yang membisikan kepada manusia hal-hal kejahatan, emosi amarah dan semuanya yang tidak baik. Setan adalah musuh kita yang paling nyata, harus kita perangi dengan kekuatan iman.

Setan selalu saja menyesatkan kita, dan setan tiada henti-hentinya mengoda manusia untuk melakukan hal-hal yang tidak baik bagi kehidupan  manusia. Para setan membuat kita terjerumus ke lembah dosa hingga  akhirnya kita menjadi penghuni neraka.

Setan adalah musuh yang sangat-sangat nyata bagi kita, setanlah yang membisikan hal-hal kejahatan kepada manusia melalui darah yang mengalir ke hati dan sampailah ke otak pikiran kita.

Setan mempengaruhi kita lewat pikiran kita, menjadikan manusia untuk berpikir jahat menyakiti hati juga perasaan orang lain, melakukan perbuatan yang di larang oleh Tuhan, perbuatan yang bisa menjadikan manusia menjadi keras dan buta mata hatinya.

Karena tipu daya setan, godaan setan menyebabkan manusia bertindak menyakiti orang lain, maka sebagai manusia yang memiliki sifat lembut hatinya, kita haruslah memaafkan kesalahan orang lain yang mungkin pernah melakukan kesalahan kepada kita.

Seseorang yang berbuat salah kepada diri kita, mungkin menyakiti hati kita, perasaan kita, membuat kita malu, menfitnah kita dan bahkan, mungkin sampai membuat kita terhina di depan mata banyak orang. maafkanlah kesalahanya, sekalipun dia tidak meminta maaf kepada kita, karena sifat memaafkan adalah sifat yang mulia.

Doakanlah yang terbaik kepada orang yang berbuat salah kepada kita sebesar apapun kesalahannya kita harus mampu untuk memaafkan dan berlapang dada.  

Jadilah orang baik yang pemaaf dan sabar dengan mengikhlaskannya semua yang telah terjadi, meskipun sangat sakit yang pernah batin kita rasakan.  

Jadilah sifat yang pemaaf niscaya kita akan mendapatkan kenikmatan hidup dan ketenangan jiwa karena apabila kita menyimpan perasan benci, dendam, marah semua itu hanya akan membuat hati dan jiwa kita tidak tenang.  

Awalnya memang sangat sulit kita terima kesalahan seseorang kepada diri kita, mungkin kita kecewa, terluka merasakan sangat sakit dan rasa benci itu ada, namun semua itu haruslah di hilangkan, relakan dan ikhlaskan semunya terjadi. 

Apa bila hati kita mudah untuk memaafkan kesalahan orang, pasti suatu saat jika kita ada salah dengan orang lain, kita pun akan mudah juga untuk di beri maaf oleh orang lain, karena sifat baik kita, di nilai oleh Tuhan.  

Dalam hidup ini kita tidak boleh menaruh rasa benci, rasa dendam kepada sesama manusia, hilangkanlah rasa itu, maka kita akan hidup dengan tentram penuh kedamaian.

Tuhan akan membalas semua sifat baik kita. Selalulah berbuat baik dalam hidup ini, maka kita akan merasakan kebaikan tersebut sebagai balasan dari apa yang telah kita lakukan, berbuat baiklah kepada semua orang meskipun orang itu tidak baik kepada kita.

Orang yang baik budinya, perkataan nya pastilah akan selalu di puji, di ingat dan akan di kenang jasanya, serta sifat baiknya.

Jadilah orang yang bermanfaat untuk semua orang juga diri sendiri, tolonglah orang lain yang sedang mengalami kesusahan juga orang yang sangat membutuhkan bantuaan kita.

Jangan menjadi manusia yang pelit, berbagilah, maka hidup ini akan penuh keberkahan. Orang yang sering memamafkan dia juga mendapat ampunan dari Tuhan.

Mohonlah ampunan maaf kepada Tuhan, atas dosa-dosa kita. seringlah memohon ampunan kepada Tuhan agar kesalahan kita di maafkan karena kita manusia sungguh tidak luput dari salah dan dosa.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar